Fakta-fakta Mengejutkan Transplantasi Jantung dan Paru-paru 2
PROSES TRANSPLANTASI JANTUNG DAN PARU-PARU
Pernahkah Anda mendengar tentang transplantasi jantung dan paru-paru? Jika belum, Anda termasuk satu dari sekian mayoritas orang yang belum aware mengenai metode medis satu ini. Banyak orang lebih mengenal transplantasi ginjal daripada transplantasi jantung dan paru-paru. Dalam artikel ini, Anda dapat menemukan fakta-fakta mengejutkan transplantasi jantung dan paru-paru. Selain itu kami juga akan share mengenai diagnosa dan kemungkinan keberhasilan dari metode medis satu ini.

Tentang Transplantasi Jantung dan Paru-paru

Transplantasi jantung dan paru-paru merupakan salah satu metode pengobatan medis paling mutakhir dan sering diaplikasikan dewasa ini. Metode medis satu ini sangat jarang dilakukan karena stok donor kedua organ tubuh tersebut sangat sedikit dan terbatas.

Fakta-fakta Mengejutkan Transplantasi Jantung dan Paru-paru 2

Selain itu prosedur transplantasi jantung dan paru-paru harus dilakukan berbarengan, sehingga potensi keberhasilannya sangat sedikit. Biasanya tranplantasi jantung dan paru-paru terjadi karena adanya kelainan pada organ paru-paru, sehingga menyebabkan malfungsi baik pada jantung maupun paru-paru.

Sejarah Transplantasi Jantung dan Paru-paru

Pada dasarnya metode cangkok jantung dan paru-paru ini baru benar-benar diaplikasikan di dunia medis pada era 80an. Pada tahun 1967, prosedur cangkok jantung masih bersifat eksperimental, meskipun berhasil menyelematkan banyak nyawa di Amerika.

Fakta-fakta Mengejutkan Transplantasi Jantung dan Paru-paru 2

Pada masa-masa awal saat transplantasi jantung dan paru-paru ini diberlakukan, sering terjadi kegagalan khususnya karena tubuh gagal merespon organ tubuh dari luar. Namun masalah tersebut berhasil diatasi dengan ditemukannya obat cyclosporine yang diinjeksikan pada tubuh pasien.

Prosedur Transplantasi Jantung dan Paru-paru

Anda pasti bertanya-tanya seperti apakah prosedur pelaksanaan transplantasi jantung dan paru-paru. Saat donor jantung dan paru-paru didapatkan (biasanya dari orang yang sudah mati), maka dokter akan mengambil keluar jantung dan paru-paru dari dalam tubuh pasien, lalu mencangkokan organ tubuh baru kedalamnya.

Fakta-fakta Mengejutkan Transplantasi Jantung dan Paru-paru 2

Perlu pembaca ketahui, donor organ jantung dan paru-paru dibekukan terlebih dahulu didalam freezer khusus sebelum ditransplantasikan kedalam tubuh pasien. Nah pada saat prosedur utama dilakukan, pasien ditempatkan pada ruangan yang berisi heart-lung machine atau peralatan yang digunakan untuk transplantasi. Dokter menggunakan teknik Cardiopulmonary Bypass (CPB) selama proses pengangkatan organ jantung dan paru-paru pasien. Cardiopulmonary Bypass merupakan prosedur yang dilakukan dokter sebagai cadangan oksigen dan darah selama organ jantung dan paru-paru dikeluarkan dari dalam tubuh pasien.

Bagi Siapa Transplantasi Jantung dan Paru-paru?

Fakta-fakta Mengejutkan Transplantasi Jantung dan Paru-paru 2

Metode medis ini diberlakukan pada orang-orang dengan kelainan organ jantung maupun paru-parunya. Transplantasi ini harus dilakukan pada pasien yang menginjak level paling kritis, sehingga memerlukan tindakan medis paling ekstrem. Nah dibawah ini adalah beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan seseorang harus menjalani transplantasi jantung dan paru-paru:
  • Congenital Problems atau bayi yang mengalami cacat sehingga mengakibatkan malfungsi pada organ jantung dan paru-paru.
  • Pulmonary Hypertension atau gejala dimana terdapat tekanan darah ekstrem pada bagian paru-paru sehingga membahayakan organ jantung.
  • Pasien yang mengalami kegagalan pada percobaan transplantasi yang pertama.

Nah itulah beberapa masalah kesehatan yang membuat seseorang harus menjalani transplantasi jantung dan paru-paru. Pasien diatas usia 50 tahun tidak diperbolehkan menjalani metode medis ini karena tingkat kegagalannya sangat tinggi. Biasanya donor jantung dan paru-paru didapatkan dari orang yang mati dalam kecelakaan karena organ tubuhnya masih bisa berfungsi dengan baik. Nah itulah sekilas informasi dan fakta-fakta mengejutkan transplantasi jantung dan paru-paru. Agar terhindar dari metode medis satu ini sebaiknya selalu jaga kesehatan dan lifestyle Anda.